Gagal Jantung

 

 


 GAGAL JANTUNG

Gagal jantung adalah kondisi medis yang terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Berikut adalah pengertian gagal jantung menurut beberapa para ahli:

1. **American Heart Association (AHA)**: Gagal jantung adalah "kondisi di mana jantung tidak memompa darah dengan cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh."

2. **European Society of Cardiology (ESC)**: Menyatakan bahwa gagal jantung adalah "sindrom klinis yang kompleks yang menyebabkan keluhan khas seperti sesak napas, kelelahan, dan penumpukan cairan."

3. **Prawirohardjo (2008)**: Menjelaskan bahwa gagal jantung adalah "kegagalan fungsi jantung sebagai pompa dalam memompa darah ke seluruh tubuh."

4. **Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI)**: Menggambarkan gagal jantung sebagai "sindrom klinis yang disebabkan oleh kelainan struktural atau fungsional jantung yang menyebabkan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah sesuai dengan kebutuhan metabolik tubuh."

Gagal jantung dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang merusak atau membebani jantung, seperti serangan jantung sebelumnya, hipertensi arteri, penyakit jantung koroner, atau gangguan katup jantung. Gejalanya meliputi sesak napas, kelelahan, pembengkakan kaki atau perut, dan penurunan kemampuan beraktivitas. Penanganan gagal jantung meliputi pengobatan untuk mengurangi gejala, mengendalikan faktor risiko, dan dalam beberapa kasus, tindakan medis atau bedah yang lebih lanjut.

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Obat dan Fungsinya

ASKEP (Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan Elektrolit)

TUBERKULOSIS