Rabies



Hallo temen-temen??? Pertama-tama saya ucapin trimakasih buat para pengunjung blog. Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia. Dan saya doakan semoga orang-orang yang ngunjungin blog saya pada masuk surga semua, terus selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian

Rabies

Pengertian Rabies

Rabies adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh virus rabies. Virus ini menyerang sistem saraf pusat dan dapat menular ke hampir semua mamalia, termasuk manusia. Rabies biasanya ditularkan melalui gigitan atau luka terbuka dari hewan yang terinfeksi, seperti anjing, kucing, rakun, dan kelelawar. Virus rabies menyebar melalui saliva hewan yang terinfeksi dan memasuki tubuh manusia melalui kulit atau selaput lendir.

Setelah terinfeksi oleh virus rabies, gejala awalnya mirip dengan flu, termasuk demam, sakit kepala, dan kelelahan. Namun, ketika gejala penyakit ini semakin berkembang, dapat muncul gejala saraf yang lebih serius, seperti kesulitan menelan, kecemasan saat menelan air, dan kecemasan berlebihan (hidrofobia) saat melihat air. Kondisi ini dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih parah, termasuk kejang, agitasi, halusinasi, dan koma. Tanpa perawatan yang tepat, rabies biasanya berakibat fatal.

Penanganan Rabies

Penanganan rabies melibatkan tindakan darurat segera setelah seseorang digigit atau dicurigai terpapar oleh hewan yang mungkin terinfeksi rabies. Langkah-langkah umum yang harus diambil meliputi:

  • Pencucian luka: Jika terjadi gigitan atau luka terbuka akibat paparan rabies, area tersebut harus segera dicuci dengan sabun dan air mengalir selama sekitar 15 menit untuk membersihkan sebanyak mungkin virus yang mungkin ada di sana.
  • Konsultasi medis: Setelah paparan, perlu segera mencari perhatian medis untuk evaluasi lebih lanjut dan perawatan yang sesuai. Tim medis akan menentukan langkah-langkah selanjutnya berdasarkan tingkat risiko paparan dan jenis interaksi dengan hewan terinfeksi.
  • Vaksin rabies: Jika perawatan segera diberikan setelah paparan rabies, serangkaian vaksin rabies akan diberikan selama beberapa minggu untuk membantu tubuh melawan virus dan mencegah perkembangan penyakit.

Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Obat dan Fungsinya

ASKEP (Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan Elektrolit)

TUBERKULOSIS