Batu Ginjal

Hallo temen-temen??? Pertama-tama saya ucapin trimakasih buat para pengunjung blog. Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia. Dan saya doakan semoga orang-orang yang ngunjungin blog saya pada masuk surga semua, terus selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian

Batu Ginjal


Pengertian Batu Ginjal

Batu ginjal, juga dikenal sebagai nephrolithiasis atau urolithiasis, adalah massa padat yang terbentuk di dalam ginjal atau saluran kemih manusia. Batu ginjal terbentuk ketika terjadi pengendapan mineral dan garam dalam urin yang berlebihan. Ukuran dan bentuk batu ginjal dapat bervariasi, dari yang sangat kecil hingga yang cukup besar dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ketika batu ginjal cukup kecil, mereka mungkin tidak menyebabkan gejala dan akan keluar dari tubuh melalui urin tanpa perlu intervensi medis. Namun, batu ginjal yang lebih besar atau yang tersangkut di dalam saluran kemih dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, seperti nyeri parah di punggung atau perut bagian bawah, nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin, mual, muntah, dan ketidaknyamanan umum lainnya.

Pengobatan Batu Ginjal

Obat dan pengobatan untuk batu ginjal bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis batu, serta gejala yang dialami oleh pasien. Beberapa pilihan pengobatan yang mungkin termasuk :

  • Minum banyak air: Salah satu cara paling sederhana untuk mengobati dan mencegah batu ginjal adalah dengan minum banyak air. Air dapat membantu melarutkan mineral dalam urin dan mencegah pembentukan batu yang baru.
  • Analgesik: Untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal, dokter dapat meresepkan analgesik seperti parasetamol atau obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID).
  • Obat untuk menghancurkan batu ginjal: Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat-obatan yang membantu memecah batu ginjal menjadi fragmen yang lebih kecil sehingga dapat keluar dari tubuh lebih mudah.
  • ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy): Ini adalah prosedur non-invasif di mana gelombang kejut luar tubuh digunakan untuk memecahkan batu ginjal menjadi fragmen yang lebih kecil sehingga bisa keluar melalui urin.
  • Ureteroskoposkopi: Prosedur ini melibatkan penggunaan endoskop kecil yang dimasukkan melalui uretra dan saluran kemih untuk menghilangkan batu ginjal yang lebih besar.
  • Operasi: Untuk batu ginjal yang sangat besar atau yang tidak bisa diatasi dengan cara-cara lain, operasi bedah mungkin diperlukan untuk mengangkat batu secara langsung.

Referensi:

  1. Scales, C. D., Jr., Smith, A. C., Hanley, J. M., Saigal, C. S., & Urologic Diseases in America Project. (2012). Prevalence of kidney stones in the United States. European urology, 62(1), 160-165.


  2. Curhan, G. C. (2017). Epidemiology of stone disease. The Urologic clinics of North America, 44(1), 1-12.


  3. Türk, C., Petřík, A., Sarica, K., Seitz, C., Skolarikos, A., Straub, M., ... & Knoll, T. (2016). EAU Guidelines on diagnosis and conservative management of urolithiasis. European urology, 69(3), 468-474.

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Obat dan Fungsinya

ASKEP (Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan Elektrolit)

TUBERKULOSIS