Hepatitis


 Hepatitis



Hepatitis – Penyakit hepatitis yang merupakan adanya suatu kelainan pada organ hati atau mengalami peradangan dan pembengkakan. Peradangan yang biasanya ditandai dengan adanya peningkatan pada kadar enzim yang ada didalam hati. Pada peningkatan ini yang biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian membran pada hati. Ada kedua faktor penyebab hepatitis misalnya terjadi pada faktor infeksi dan non infeksi. Faktor infeksi yang dapat disebabkan oleh adanya bakteri dan virus hepatitis, selain itu terjadinya karena adanya virus hepatitis A, B, C, D, E dan G dan masih banyak lagi penyebab hepatitis.

Hepatitis


Namun ada tiga jenis hepatitis yang paling sering terjadi hepatitis pada A, B dan C. Pada ketiga ini yang biasanya disebabkan karena adanya virus yang mudah menular. Pada hepatitis A yang dapat ditularkan melalui kontak per orang dengan melalui minuman dan makanan yang telah terkontaminasi. Hepatitis B dan C biasanya disebabkan penularan yang dapat mematikan, karena yang ditularkan melalui transfusi darah, jarum suntik, serangan pada penghisap darah dan juga terlalu sering melakukan hubungan seksual. Khususnya pada penderita hepatitis B dan C dapat ditanggulangi hingga bersih dapat berakhir dengan sirosis dan kanker hati.  Adanya juga hepatitis non virus yang bisa juga disebabkan obat obatan, bahan kimia, alkohol, arsenic yaitu merupakan bahan kimia yang dengan mudahnya akan merusak pada organ hati. Radang juga bisa disebabkan hati yang tidak mampu menjalankan fungsinya dengan melakukan  pengeluaran racun dan memproses bahan bahan gizi.


Jenis Hepatitis


Ada beberapa  golongan virus hepatitis yang sudah diketahui sebagai adanya penyebab hepatitis, yaitu pada hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan juga pada virus hepatitis E. Dari masing masing jenis hepatitis mereka mampu mempunyai cara penularan nya yang berbeda beda.


Hepatitis A


Hepatitis A yang dapat disebabkan. Virus HAV yang dapat disebabkan dengan cara penularan dengan cara yang ada dalam dunia medis yang dapat dikenal dengan sebutan fecal  oral misalnya pada kotoran dan mulut. Pada penyebaran dan penularan yang melalui virus terjadi melalui adanya kontaminasi pada makanan atau air oleh adanya virus. Penyebab hepatitis karena kebiasaan buruk misalnya saja, anda kurang menjaga sanitasi makanan, menghindari makanan yang dapat memicu hepatitis.


Hepatitis B


Penyebab hepatitis B karena virus HBV. Pada cara penularannya melalui virus, misalnya  saja pada transfusi darah, kontaminasi jarum suntik, serta pada s saat melakukan hubungan seksual. Penyakit ini juga bisa  saja ditularkan melalui anak yang masih didalam kandungan karena sang ibu sedang menderita hepatitis B. Pada penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersamaan maka dari itu yang patut kita hindari. Karena pada saat menggunakan sikat gigi, tidak jarang terjadi mengalami trauma yang dapat mengakibatkan dengan mudahnya menular melalui virus tersebut.


Hepatitis C


Hepatitis C yang dapat menimbulkan penyebab hepatitis pada virus HCV. Pada penularannya yang dapat menyerupai pada penularan hepatitis B. Pada hepatitis C menular melalui darah. Virus dengan mudahnya menular pada penggunaan jarum suntik dan obat obatan.


Hepatitis D


Penyebab hepatitis D yaitu pada virus deltas. Virus yang hanya dapat berkembang biak yang ada didalam tubuh maka akan mengalami infeksi oleh virus hepatitis B. Meskipun jenis yang paling jarang terjadi. Hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang sangat membahayakan dari jenis hepatitis. Pola penularan hepatitis D dengan hepatitis B.


Hepatitis E


Penyebab hepatitis E bisa melalui kotoran manusia ke mulut dan dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontiminasi, pada tingkatan yang tertinggi adanya infeksi hepatitis E yang dapat terjadi pada daerah yang mengalami sanitasi buruk dengan mendukung pada penularan virus.


Bahan makanan penderita hepatitis


Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti mentimun, ubi, singkong, kacang merah, kol, sawi, lobak, nangka, durian.

Hindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain.

Hindari makanan asam / cuka, gorengan, makanan berlemak tinggi.

Hindari makanan seafood, kepiting, cumi.

Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol.

Hindari makanan jeroan.

Pilihlah bahan makanan yang kandungan lemaknya tidak banyak seperti daging yang tidak berlemak, ikan segar, ayam tanpa kulit.

Sebaiknya pilih sayur-sayuran yang sedikit mengandung serat seperti bayam, wortel, bit, labu siam, kacang panjang muda, buncis muda, daun kangkung dan sebagainya.

Bumbu bumbu jangan terlalu merangsang. Salam, laos, kunyit, bawang merah, bawang putih dan ketumbar boleh dipakai tetapi jangan terlalu banyak.

Tanaman Obat Hepatitis


Buah noni


Buah noni yang biasa dikenal dengan buah mengkudu, juga banyak memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan pengobatan penyakit hepatitis. Mengkonsumsi air perasan buah mengkudu maka akan mengurangi anda dari adanya penyebab hepatitis.


Mahkota dewa


Banyak kandungan zat seperti flavonoid, minyak atsiri dan masih banyak lagi yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit misalnya saja pada penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi ramuan mahkota dewa maka akan mengurangi dari adanya resiko penyebab hepatitis, jika anda biarkan begitu saja maka hepatitis bisa mengakibatkan kematian.


Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Obat dan Fungsinya

ASKEP (Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan Elektrolit)

TUBERKULOSIS